Rekomendasi Wisata Bertema Pertanian di Jabodetabek

Rekomendasi Wisata Bertema Pertanian di Jabodetabek - pixels

Wisata tema pertanian Jabodetabek – menikmati liburan yang bertema pertanian memang tidak biasa. Namun kita bisa menjadikannya untuk alternative liburan yang mendidik untuk anak anak. Jika anda bertempat tinggal di wilayah jabodetabek, rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati liburan tema pertanin di sini. Beberapa wisata tema pertanian Jabodetabek yang dapat dijadikan untuk alternative liburan kita diantaranya:

1. Desa Wisata Bantarsari Bogor

desa wisata bantarsari bogor - wisata sekolah


Salah satu wisata bertemakan pertanian adalah desa wisata Bantarsari Bogor. Sekarang ini kota Bogor memang mengembangkan wisata berbasis agrowisata bagi masyarakat yang ingin mencoba wisata edukasi ini. Salah satunya adalah Desa Bantarsari. Disini kita akan diperkenalkan berbagai kegiatan agrowisata seperti memetik jambu Kristal, panen sayuran kangkung, dan berbagai kegiatan yang menyenangkan di lapangan terbuka.

Tujuan wisata ini ialah memperkenalkan Desa Bantarsari serta potensi pertanian didalamnya yaitu kebun jambu kristal dengan sayur mayur. Pengunjung juga dapat membeli jambu kristal dikebun dengan cara memetiknya langsung. Namun untuk selanjutnya wisata ini bakal dibuka fasilitas menarik diantaranya sepeda track, penginapan milik warga, camping ground, dan paintball.

2. Nagrak Organic Farm

nagrek organic farm - wisatasekolah
Meskipun belum banyak diketahui oleh masyarakat, namun kita bisa coba untuk melihat wisata berbasis pertanian satu ini. Nagrak Organic Farm merupakan satu Pusat Pelatihan Pertanian Organik satu satunya yang bermetode System of Rice Intensification Organic yang disingkat (SRI Organic) di Indonesia.

Sementara untuk NOSC Nagrak-Sukabumi merupakan Divisi Training milik “NAGRAK ORGANIC FARM” dari tahun 2005 dengan lokasinya berada di Kp. Parigi, Nagrak Utara, Nagrak, Sukabumi Jabar. Paling tidak waktu tempuh dari Jakarta sekitar 3 jam.

Dari sini kita di ajarkan untuk tahu bagaimana cara jadi petani ramah lingkungan. Dimulai dengan mempelajari struktur dan jenis tanah, pembibitan yang bagus, tentang penanaman maupun cara membuat pupuk organik sendiri yang ramah lingkungan.

Tempat ini layak dikunjungi sebagai wisata edukasi pertanian karena memiliki daya tampung mencapai 250 jiwa disertai Villa berkapasitas sampai 100 jiwa dalam program penginapan. Ada pula sebuah kelas unik yang disediakan untuk para pengunjung.

3. Triple A Organic Edu Farm


triple A organic edufarm -wisata alam

Wisata tema pertanian jabodetabek selanjutnya adalah Triple A Organic Edu Farm. Objek wisata ini didirikan dari tahun 1996 yang lokasinya berada di Munjul, Sukaresmi, Mega Mendung, Ciawi kabupaten Bogor. Memiliki ketinggian sampai 700 m diukur dari permukaan laut tepatnya berada di lereng gunung Pangrango provinsi Jawa Barat.

Perkebunan sayur organic maupun hidroponik ini juga termasuk perusahaan pendukung system pertanian organic. Dengan begitu, memiliki peran untuk melestarikan lingkungan serta bertanggung jawab menjaga kesuburan tanah. Sekaligus memberi dampak baik untuk para petani organic. Terutama untuk lingkungan maupun petani yang ada di sekitarnya. Berdampak umumum untuk masyarakat luas.

Perjalanan yang akan kita tempuh untuk kelokasi memang tak sulit, karena hanya berjarak kurang lebih 15 menit dari pintu keluar tol puncak. Sebenarnya wisata ini merupakan pemasok utama berbagai sayuran organic di pasar modern Jakarta. Pertama kali wilayah ini Cuma fokus pada produksi sayuran serta budidaya lele.

Beberapa jenis sayuran di sini seperti sayur kangkung, terong ungu, bayam hijau, caisim, bayam merah, cabe rawit, kailan, cabe keriting, hurenzo, padi organic dan Pak Choy.

Sementara untuk sayuran hidroponiknya terdiri atas selada keriting merah dan hijau, Bayam Hijau, kangkung, Bayam Merah, Kailan, Caisim, Lolorosa, Endiv, Butterhead, dan Romaine. Disini juga ada jenis hewan seperti peternakan lele, kambing, kelinci maupun cacing. Dan kotoran dari hewan hewan tersebut dimanfaatkan untuk pupuk organic semua sayuran di lokasi tersebut.

Dengan adanya uji coba yang dilakukan oleh beberapa sekolah, maka dibentuklah wisata edukasi pertanian bagi sekolah dan juga pelatihan untuk menaman organik & hidroponik. Bahkan juga budi daya lele khususnya untuk para pemula.

Karena memiliki jarak yang dekat dari Jakarta, ditambah suasana yang sejuk, menyediakan konten informasi & pendidikan pertanian, sarana dan prasarana pendukung, hingga kenyamanan selama ada di sini menjadikan lokasi ini dinobatkan menjadi wisata edukasi terbaik dalam kategori Nature/Edufarm tahun 2015.

4. Kampoeng Djamoe Organik

kapoeng djamoe organik - martha tilaar
Wisata tema pertanian selanjutnya ada kampoeng djamoe organik. Wisata yang kerap di sebut dengan KADO ini adalah lahan hijau berkonsep taman organik berlokasi di wilayah kota Cikarang dengan luas 10 ha. Tempatnya juga sangat strategis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menjangkaunya.

Awalnya wisata ini Cuma menawarkan berbagai tanaman obat saja, namun lambat laun lokasi ini dijadikan untuk pusat pendidikan lingkungan. Penyebabnya ialah adanya 600 spesies tanaman obat Indonesia disini. Pembudidayaan tanaman ini juga dilakukan secara organik yang selaras dengan alam.

Pada area pasca panen telah di sajikan proses penanganan bahan baku hasil panen sampai membuahkan bahan berkualitas dan memenuhi standar.

Perhatian yang mendalam untuk program pelestarian lingkungan ini diperoleh dari PT. Martina Berto Tbk. PT tersebut juga memiliki moto berbunyi Local Wisdom Go Global, dan juga visinya untuk menjadi suatu perusahaan kosmetik & spa yang terkenal di kancah dunia namun bernuansa ketimuran yang alami lewat penggunaan teknologi modern.

Sekaligus untuk menempatkan penelitian & pengembangan dalam meningkatkan nilai tambah dari konsumen maupun bagi pemangku kepentingan lain. Nah, wujud nyata terhadap kepedulian tersebut maka didirikannya Kampoeng Djamoe Organik atau KaDO dalam kawasan kota Cikarang.

5. Kebun Durian Warso Farm


kebun durian warso farm - jakarta travel media

Bagi anda yang suka dengan durian,, maka tidak ada salahnya jika ingin mampir kesini. Di sini kita bisa memetik buah sambil menikmati kuliner yang diolah dari durian. Lokasi wisata tema pertanian ini ada di Jln. K. H. Halimi, desa Cipelang, kecaatam Cijeruk, kota Bogor. Tiket masuknya gratis.
Menurut namanya, kebun durian warso farm termasuk perkebunan buah durian. Kita juga dapat meihat berbagai jenis durian di pohon. Bagi para pecinta durian, tentu berkunjung kesini adalah hal yang menyenangkan. Selain itu, pengunjung juga dapat mencicipi buah durian secara langsung dan memetiknya langsung dari pohonnya.

Luas perkebunan ini adalah 22 hektare. Durian yang ditanam disini seperti Durian Rancamaya khas kota Cijeruk, durian petruk, durian chanee, durian montong, dan durian musang king.

Kita juga bisa menikmati outbond maupun playground disini khusus bagi anak-anak. Selain tanaman durian, disini terdapat pula kebun buah naga, buah nangka, buah jambu monyet, serta buah lainnya.
Waktu terbaik jika anda mau kesini antara bualn desember sampai bulan mei. Namun silahkan telfon dulu untuk memastikan waktu terbaik anda berkunjung. Jam bukanya antara pukul 07.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB malam. Meskipun saat masuk tidak dikenakan tiket, alias gratis, namun ketika mencicipi durian kita harus membayar.

Harga yang harus dibayakan jika mau memetik durian lokal maupun durian luar negri diantara Rp50.000 - Rp60.000 satu buah. Kita juga dapat membelinya dan dibawa pulang sebagai oleh oleh.
Nah, bagaimana? Menarik bukan wisata tema pertanian Jabodetabek diatas. Wisata ini bisa kita jadikan alternatif untuk wisata bertema edukasi pertanian di Jabodetabek. Semoga bermanfaat.

Penulis : Irma
Apakah Artikel Ini Bermanfaat ?

Comments

Newer Posts Older Posts