Mengenal Pupuk Dasar NPK Dalam Pertanian

Mengenal Pupuk Dasar NPK Dalam Pertanian - Bukalapak
Pupuk NPK Adalah – Bagi para petani atau pecinta tanaman lain dan pembudidaya tanaman, istilah NPK merupakan hal yang cukup familiar. Dimana NPK merupakan suatu jenis pupuk yang telah menjadi andalan bagi para petani dan pekebun.

Khasiat dari pupuk NPK ini sudah terbukti manjur dalam menyuburkan tanah. Apalagi karena manfaatnya yang cukup melimpah tersebut pupuk jenis ini sangat laris dipasaran, sehingga tidak jarang digunakan dan menjadi peluang bisnis yang lumayan menguntungkan.

Untuk anda yang ingin mendalami peluang bisnis tersebut atau hanya sekedar ingin memiliki jenis pupuk yang cocok untuk tanaman budidaya anda sebaiknya ketahui terlebih dahulu seluk beluk mengenai pupuk NPK ini. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang pupuk yan terkenal sangat manjur tersebut.

Pengertian Pupuk NPK


Apabila dilihat dari pengertiannya Pupuk NPK Adalah penyubur tanah secara buatan yang dapat berbentuk cair atau padat serta mengandung unsur hara utama, seperti nitrogen, fosfor dan kalium. Pupuk jenis ini merupakan jenis pupuk majemuk yang sangat umum dan paling sering digunakan oleh para petani dan pembudidaya.

Seperti penjelasan diatas, pupuk NPK mempunyai berbagai bentuk. Namun yang paling sering dijumpai dan paling khas adalah pupuk yang berbentuk bubuk atau granul. Ada juga pupuk NPK jenis cair yang memiliki efek secara langsung dan apabila digunakan jangkaunya cukup luas.

Pupuk NPK ini setidaknya mengandung lima unsur hara, dimana terdiri dari 3 unsur hara makro yang meliputi N, P, dan K dan dua unsur hara mikro. Sebenarnya dipasaran banyak pupuk merek lain yang terjual, akan tetapi setiap merek pupuk tersebut memiliki komposisi atau kandungan yang berbeda-beda. Yang membedakan biasanya terdapat keterangan pada kemasan berupa NPK 16 -16-16, NPK 12-12-12 atau NPK 15-15-15.

Angka-angka tersebutlah yang menjadi penjelas persentase kandungan unsur hara makro yang ada didalamnya. Sementara kandungan unsur hara mikro dapat dikatakan sangat sedikit. Sehingga umumnya tidak dapat ditulis dalam kemasan.

Dalam suatu proses penanaman atau pembudidaya tanaman penting sekali memberikan pupuk NPK. Hal ini bertujuan agar unsur-unsur pokok yang dibutuhkan dalam rangka menyuburkan tanah dapat terpenuhi. Unsur-unsur yang sebenarnya diperlukan agar tanah dapat subur dengan kandungan hara yang melimpah adalah tanah yang memiliki kandungan nitrogen, kalium, fosfor, boron, klorida, mangan, besi, kalsium, sulfur, magnesium, seng dan lainnya.

Manfaat Pupuk NPK Dalam Pertanian

Seperti penjelasan di atas, Pupuk NPK Adalah salah satu jenis pupuk majemuk dengaan kandungan unsur hara makro yang sangat lengkap. anda dapat memilih jenis pupuk yang memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang cukup lengkap untuk memberikan dan melengkapi unsur hara yang diperlukan oleh tanah. Mengetahui pengertian pupuk NPK saja kurang lengkap apabila anda tidak mempelajari tentang manfaatnya. Manfaat pupuk NPK dapat berbagai macam dan beragam yang mana diperoleh dari kandungan yang dimiliki pupuk tersebut.
  • Membantu dalam proses metabolisme tanaman
  • Pembelahan sel dan respirasi
  • Membantu dalam perkembangan d an pertumbuhan tanaman
  • Perangsang pertumbuhan akar
  • Pembentukan enzim serta vitamin
  • Pembentukan dinding sel
Manfaat dari pupuk NPK tersebut bisa anda dapatkan apabila memberikan pupuk jenis ini disesuaikan dengan fase pertumbuhan serta perkembangan dari tanaman. Selain itu, memperhatikan waktu pemberian pupuk juga sangat dianjurkan. Pemberian pupuk yang benar isa anda lakukan pada jam 10 pagi atau 3 sore. Hal ini karena pada jam tersebut intensitas cahaya matahari tidak terlalu terik, sehingga dapat menghindari terjadinya penguapan pupuk.

Demikian ulasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pupuk NPK. Dimana Pupuk NPK Adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang sangat penting diberikan pada suatu budidaya tanaman atau dalam pertanian. Semoga bermanfaat.

Penulis : Irma
Apakah Artikel Ini Bermanfaat ?

Comments

Newer Posts Older Posts