Apa Itu Apotek Hidup? Beserta Contoh Tanaman dan Manfaatnya


Apa Itu Apotek Hidup? Beserta Contoh Tanaman dan Manfaatnya
 Apa itu apotek hidup?-Apotek hidup adalah pemanfaatan sebagian tanah untuk selanjutnjya ditanami berbagai tanaman obat-obatan sebagai kebutuhan sehari-hari. Ada banyak obat tradisional di negeri ini yang dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Obat dengan versi tradisional biasanya lebih dipilh oleh kebanyakan orang karena sifatnya yang alami dan tidak menyebabkan ketergantungan.

Selain itu, efek yang ditimbulkan lebih sedikit dampak buruknya dibandingkan dengan obat-obatan buatan pabrik walaupun sudah berstandar kesehatan. Inilah alasan mengapa obat-obatan tradisional tak pernah hilang dari kebiasaan dan budaya masyarakat Indonesia. Obat-obatan tradisional umumnya tak pernah lepas dari kebutuhan sehari-hari.

Bahkan cenderung sebagai bahan yang selalu ada di dapur. Namun karena terkadang sulit untuk mendapatkannya di pasar, orang-orang mulai menanam sendiri di pekarangan rumahnya. Inilah yang mendasari terbentuknya apotek hidup. Salah satu fungsinya untuk koleksi pribadi apabila ada anggota keluarga yang sedang sakit.

Merupakan hal yang praktis apabila anda cukup memetik bahan yang anda perlukan tanpa perlu pergi kemana-mana. Selain itu, tanaman yang anda tanam sendiri tentu lebih hiegines dan terhindar dari serangan penyakit tanaman. Menariknya tanaman obat tak kalah cantiknya dengan pesona tanaman hias.

Cara mengakalinya adalah dengan menempatkannya diantara tanaman hias yang sudah ada.
Namun apabila anda tak memiliki tanaman hias, anda dapat meletakkan tanaman obat di pot yang menarik. Tanaman obat sendiri mampu menghalau segala jenis penyakit tanaman sehingga anda tidak perlu menyemprotnya dengan pestisida. Namun demikian bila anda ingin membuat apotek hidup ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Contoh Tanaman Apotek Hidup Untuk Ditaman di Halaman Rumah

Contohnya dengan memadukannya dengan beberapa jenis tanaman lainnya agar semakin mempercantik keindahan tanaman. Lalu apa saja tanaman obat yang dapat anda tanam di halaman rumah? Simak ulasannya berikut ini

Lidah buaya

lidah buaya - pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman seribu manfaat ini? Lidah buaya kerap digunakan untuk dunia kecantikan misalnya untuk menyuburkan rambut dan melembabkan kulit dengan cara yang pas. Bahkan industry rumah tangga kini mulai mengembangkan daging lidah buaya sebagai produk makanan dan cemilan

Sirih
pohon sirih - deherba.com
Sirih dikenal dengan kandungan antiseptic yang baik sehingga masyarakat selalu menggunakannya untuk meredakan batuk. Selain itu ada beberapa industry yang menggunakan sirih sebagai produk kesehatan herbal.

Lengkuas
lengkuas - jpnn.com
Mungkin selama ini anda hanya menggunakan lengkuas sebagai bumbu dapur. Namun tidak hanya berfungsi untuk melezatkan makanan, bahan ini juga ternyata mampu menyembuhkan panu. Cukup menumbuknya dan letakkan di kulit yang terkena panu secara rutin. Lengkuas juga mampu menyehatkan badan dengan menjadikannya ramuan yang dicampur dengan rempah-rempah yang lainnya.

Jinten
jinten - dokter sehat

Jinten biasa dimanfaatkan daunnya untuk menurunkan panas dan demam. Tanaman ini cocok untuk anda budidayakan supaya menjaga kesehatan keluarga anda dari gangguan kesehatan tersebut. Tidak hanya itu, penggunaannya pun bermanfaat bagi ibu menyusui untuk melancarkan produksi asi.

Jahe

jahe - pixabay
Jahe digunakan untuk menyembuhkan batuk dan rematik. Sifatnya yang menghangatkan tubuh juga baik untuk menambah metabolism tubuh. Banyak ramuan herbal yang memasukkan jahe ke dalam menu nya.

Bawang merah
bawang merah - pixabay
Selain membuat masakan lebih lezat, bawang merah dapat anda gunakan untuk mengobati masuk angin dan badan kelelahan.

Mahkota dewa

mahkota dewa - inilahtasik.com
Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi.

Kumis kucing

Selain mempercantik halaman, kumis kucing dapat anda gunakan untuk meredakan sakit pinggang dengan takaran yang pas.

Sambiloto 

Meskipun pahit, namun tanaman ini mampu mengobati berbagai penyakit salah satunya ialah menyembuhkan penyakit tipus dan menurunkan panas dan demam.

Mengkudu

Mengkudu atau yang juga dikenal dengan sebutan pace ini dapat meredakan osteoporosis

Jeruk nipis

Buah kecut satu ini dapat meredakan batuk dengan cepat. Kandungan vitamin c yang tinggi juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin jeruk nipis dapat menurunkan berat badan dengan efektif.

Begonia

Tanaman ini dapat mengurangi nyeri haid pada wanita. Begonia juga tentu dapat anda jadikan tanaman hias karena bentuknya yang menarik.

Puring

Puring sering dikenal dengan tanaman hias karena daunnya yang berwarna-warni dan memanjakan mata. Namun tahukah anda bila ternyata daunnya tersebut dapat menghangatkan perut. Khususnya daun yang berwarna kuning hijau. Menanam tanaman jenis ini tentu dapat mempercantik halaman anda sekaligus bermanfaat untuk kesehatan.

Melati

Melati tergolong dalam bunga yang selalu diincar banyak orang untuk dijadikan tanaman hias dan bahan baku dalam pembuatan parfum. Namun ternyata tanaman ini masuk dalam deretan tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala. Selain itu bunga nya juga efektif untuk mengatasi radang mata dengan merendamnya dengan air terlebih dahulu.

Daun salam

Bila anda memiliki penyakit maag anda dapat mengambil beberapa lembar daun salam dan merebusnya. Daun salam dipercaya dapat mengatasi penyakit ini. Selain itu, ia juga mampu menurunkan kadar bgula dalam darah sehingga sangar bermanfaat bagi penderita gula darah atas diabetes.

Jambu biji

Selain dapat dikonsumsi dengan dimakan langsung buahnya atau dibuat jus. Daun jambu biji dapat digunakan untuk menyembuhkan diare. Daun jambu biji tersebut akan mengurangi frekuensi buang air besar. Jika dirasa terlalu pahit anda dapat membuat jus jambu biji yang dicampur bersama daunnya. Kandungan vitamin C nya juga sangat baik untuk mengatasi DBD.

Meskipun tanaman tersebut sangat mudah ditemukan di Indonesia namun rupanya tak banyak yang membudidayakan apotek hidup secara optimal. Masyarakat kota pada umumnya tak memiliki halaman yang luas yang membuatnya malas untuk menanam berbagai tanaman obat.

Padahal, anda dapat menaruh tanaman tersebut di pot kecil. Dengan kata lain anda tak harus memerlukan halaman yang luas sebagai media tanamnya.

Manfaat Apotek Hidup Dalam Kehidupan Sehari - hari

Apakah apotek hidup memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari? Ya. berikut beberapa manfaat dan kegunaan apotek hidup bagi anda dan keluarga.
  1. Aman dan menyehatkan anggota keluarga karena anda menanamnya sendiri. Bahan-bahan alami tentu lebih memiliki fungsi yang optimal dibandingkan dengan bahan buatan pabrik
  2. Menghemat anggaran rumah tangga karena tanaman yang anda tanam dapat anda gunakan sebagai obat dan keperluan sehari-hari. Hanya tinggal memetiknya saja dan sudah dapat anda gunakan khasiatnya.
  3. Dapat anda kembangkan menjadi obat herbal tradisional yang dapat anda pasarkan ke berbagai toko yang menjual obat tersebut. Jika tidak ingin memasarkannya, anda dapat menjadikannya obat untuk anda konsumsi sendiri
  4. Belajar menanam dan mengajari anggota keluarga bagaimana memanfaatkan waktu luang dengan belajar.
  5. Mempererat hubungan anggota keluarga karena anda dapat memanfaatkan sela-sela menanam untuk mengobrol dan menceritakan hal-hal menarik.
Demikian informasi mengenai apotek hidup yang dapat anda jadikan referensi untuk menjadikan waktu luang anda lebih berharga. Tanaman yang anda tanam sendiri pun akan menjadi khasiat sendiri bagi anda dan seluruh anggota keluarga. Selalu menjaga kesehatan dan selamat mencoba.

Penulis : Bunga Puspita
Apakah Artikel Ini Bermanfaat ?

Comments

Newer Posts Older Posts