8 Manfaat Brokoli Untuk Bayi Yang Perlu Diketahui

8 Manfaat Brokoli Untuk Bayi Yang Perlu Diketahui

Manfaat Brokoli untuk Bayi - Sayuran memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi sayur dapat menjamin kesehatan Anda, bahkan untuk kecantikan sekali pun. Masing-masing sayuran memiliki kegunaan dan manfaatnya tersendiri yang menjadi ciri khas dari sayuran tersebut. Hal ini juga berlaku pada sayuran brokoli.

Brokoli merupakan tanaman sayuran yang tergolong ke dalam kubis-kubisan. Tanaman ini berasal dari daerah laut Tengah dan telah dibudidayakan sejak lama oleh bangsa Yunani kuno. Tanaman ini pun menjadi sangat populer di Indonesia karena manfaat yang dimilikinya.

Brokoli ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Di antara manfaatnya adalah memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, berpotensi untuk mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah terjadinya keriput, dan melancarkan pencernaan. Hal ini tidak lain adalah karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Di antara nutrisi penting tersebut adalah beraga vitamin (vitamin A, B, C, E, dan K), mineral (kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, dan zat besi), karbohidrat kompleks, air, protein, dan juga serat.

Telah jelas dibuktikan bahwa brokoli ini merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, apakah Anda tahu bahwa brokoli ini juga memiliki manfaat untuk bayi? Jika belum, maka simak baik-baik pembahasan di bawah ini.

Selain kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, brokoli juga berperan sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Hal ini tidak lain karena kandungan nutrisi di dalamnya yang baik bagi kesehatan bayi. Di abwah ini meruapakan manfaat yang dimiliki brokoli dan sangat berguna untuk bayi:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Bayi yang baru belajar makan memiliki kemungkinan lebih besar terserang sembelit, sebab tubuhnya baru beradaptasi dengan makanan. Menangani hal tersebut, brokoli dapat dijadikan sebagai piihan utama karena memiliki banyak serat sehingga proses pencernaannya dapat terbantu. Untuk menyajikannya, Anda dapat mengukus atau merebusnya agar vitamin dan mineralnya tidak hilang.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kadar kalsium yang terkandung di dalam brokoli juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dalam hal ini, bayi sangat membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Vitamin K di dalam brokoli juga mendukung penyerapan kalsium dalam tubuh agar berlangsung secara maksimal.

3. Meningkatkan kecerdasan otak

Vitamin B kompleks dan Omega 3 yang terdapat dalam brokoli ini sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan otak bayi. Dengan begitu, brokoli juga bermanfaat untuk membantu agar menjadikan bayi tersebut cerdas.

4. Membantu menjaga kekebalan tubuh bayi


Manfaat brokoli selanjutnya adalah menjaga kesehatan tubuh bayi. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan flaavonoid di dalam brokoli dapat memaksimalkan perannya sebagai antioksidan. Brokoli juga mengandung fitonutien khusus (glucoraphanin, luconasturtin, dan glocibrassicin) yang sangat baik untuk proses detoksifikasi dalam tubuh bayi. Oleh sebab itu, racun-racun yang mungkin masuk ke dalam tubuh bayi dapat dinetralisir agar kesehatan bayi tetap terjaga.

5. Membantu mengurangi reksi alergi


Sayuran brokoli ini dapat membantu bayi mengurangi gejala alergi pada tubuhnya. Hal ini disebabkan oleh banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu kempferol dan isothiocyanates yang juga merupakan senyawa anti inflamasi nabati yang sangat baik. Senyawa tersebut juga berhubungan erat dengan alergi pada tubuh manusia.

6. Membantu meningkatkan fungsi hati

Organ tubuh yang dimiiki bayi di bawah satu tahun biasanya belum seutuhnya sempurna. Organ tubuh tersebut akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia bayi. Namun, hal tersebut juga harus didukung oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Dan hati adalah salah satu organ tubuh bayi yang belum sempurna.

Dengan adanya vitamin A, C, dan E di dalam brokoli dapat memberikan kemampuan pada tubuh bayi untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Selain itu, brokoli juga dapat meningkatkan fungsi hati yang dimilikinya. Senyawa anti karsinogen dan antioksidan yang terdapat dalam brokoli dapat membantu mencegah penyakit yang masuk ke dalam tubuh bayi.

7. Membantu mengembangkan penglihatan

Vitamin A yang dimiliki oleh brokoli ini dapat membantu membuat penglihatan bayi lebih baik dan lebih tajam. Hal ini baik sekali bagi perkembangan yang dimiliki oleh bayi tersebut.

8. Membantu mencegah infeksi lambung

Infeksi lambung ini dapat terjadi karena keasaman yang tidak terkendali. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba mengatasi hal tersebut dengan memberikan sup brokoli pada bayi Anda.

Setelah mengetahui manfaat-manfaatnya, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui hal-hal penting sebelum memberikan brokoli kepada bayi. Di antara hal-hal tersebut adalah:
  • Pilihlah brokoli yang berat dan kuat karena hal ini menandakan bahwa brokoli ini sehat dari dalam.
  • Periksalah batang di dalam brokoli agar Anda mengetahui kelembaban di dalamnya.
  • Cucilah brokoli dengan baik setelah proses pemotongan.
  • Janganlah memberi brokoli mentah kepada bayi karena hal tersebut akan membawa serta bakteri ke dalamnya dan bayi akan sakit.
Nah, demikianlah pembahasan mengenai manfaat brokoli untuk bayi. Dapat disimpulkan bahwa brokoli ini memiliki banyak sekali manfaat sehingga baik bagi perkembangan bayi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Penulis: Melia Fitrianingsih
Apakah Artikel Ini Bermanfaat ?

Comments

Newer Posts Older Posts