10 Sayuran Yang Mengandung Vitamin C

Sayuran Mengandung Vitamin C

Sayuran Mengandung Vitamin C - Dewasa ini, kesehatan menjadi poin penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Ini alasan mengapa komunitas yang bergerak di bidang kesehatan tak pernah sepi pelanggan. Lapangan pun selalu penuh dengan orang-orang yang berolahraga di pagi hari dan sore hari. Merawat kekebalan tubuh menjadi hal yang wajib agar dapat menjalani kegiatan sehari-hari tanpa gangguan. Selain itu, mempunyai tubuh yang sehat akan membuat kita bersemangat menjalani aktifitas dibandingkan dengan tubuh yang lemas tak bertenaga.

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C - pixabay
Namun, selain membutuhkan istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin, anda memerlukan pola makan yang baik. Hindari mengonsumsi junk food secara berlebihan. Efeknya memang tidak langsung terasa namun beberapa waktu kemudian menyebabkan tubuh anda sembelit. Selain tidak menyehatkan, junk food kerap kali dimasak dengan kondisi yang tidak baik untuk tubuh. Untuk mengakalinya anda harus rutin minum air putih setiap hari untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

Yang tak kalah pentingnya ialah dengan mengonsumsi asupan vitamin c untuk daya kekebalan tubuh. Untuk mengonsumsi vitamin c anda dapat memakan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin ini. Tubuh yang kekurangan vitamin c cenderung lebih lemah. Tidak hanya itu, sistem kekebalan tubuh yang buruk akan memudahkan virus masuk menyerang tubuh kita sendiri.

Apakah vitamin c hanya dimiliki oleh buah-buahan saja? tidak. Ada beberapa sayuran denga kandungan vitamin C yang tinggi. Sayuran inilah yang dapat anda konsumsi menjadi menu makanan yang sehat dan menyehatkan. Kebutuhan vitamin c yang krusial harus anda penuhi setiap harinya. Lalu sayuran apa saja yang mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh? Kini anda tak perlu bingung mencari informasinya di pasar terdekat, karena kami memiliki ulasannya untuk anda. Simak dalam pembahasan berikut ini.

Jenis-Jenis sayuran yang mengandung vitamin C

Telah kita ketahui jika sumber vitamin c tidak hanya dapat diperoleh dari buah-buahan saja. ada banyak kandungan vitamin c lainnya yang dapat anda jumpai pada jenis sayur-sayuran. Sayuran apa sajakah itu?

1. Paprika

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran satu ini? Paprika merupakan salah satu jenis sayuran yang amat mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun modern. Sayuran yang menawarkan sensasi pedas gurih ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan yang berada di dalamnya. Ya, kandungan betakaroten yang berada dalam paprika dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan katarak mata.

Paprika - pixabay
Selain dapat mengurangi resiko penyakit mematikan tersebut, paprika juga dapat anda konsumsi untuk mencegah terjadinya serangan penyakit jantung serta menambah kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

2. Brokoli

Sayuran hijau yang memiliki ciri khas ini cukup terkenal dalam berbagai menu masakan Indonesia yang ditumis maupun dikecap. Selain enak, brokoli rupanya termasuk dalam sayuran dengan kandungan vitamin C terbanyak dibandingkan dengan sayuran lainnya yaitu sekitar 90 mg untuk satu buah brokoli berukuran sedang.

brokoli - pixabay
Manfaatnya dapat langsung terasa, anda akan jauh lebih bertenaga saat memakannya. Tidak hanya itu, brokoli dipercaya dapat menawar segala racun yang berkembang dalam tubuh. Hebatnya lagi, anda akan terhindar dari penyakit jantung dan kanker bila rutin mengonsumsinya.

3. Cabai

cabai - pixabay
Bumbu dapur yang selalu ada dalam setiap menu masakan nusantara ini memiliki jutaan manfaat untuk kesehatan. Dengan kandungan vitamin 107,8 mg cabe dapat mencegah sariawan, meningkatkan stamina serta mengurangi nyeri pada penyakit sendiri. Mengonsumsi cabe tentunya bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan, bukan?

4. Kubis

kubis atau kol - pixabay
Sayuran satu ini sering kita jumpai pada sup. Selalu ada yang kurang bila memakan sup tanpa tambahan jenis sayuran ini. Mengonsumsi kubis secara rutin dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin c karena kandungan serat tingginya sekitar 5gram. Selain mengandung vitamin c yang tinggi, kubis juga kaya dengan vitamin B.

5. Kembang Kol

kembang kol - pixabay
Kembang kol memiliki bentuk yang serupa dengan brokoli. Bedanya adalah warna brokoli yang hijau terang sedangkan kembang kol memiliki tekstur yang sedikit padat dengan warna putih pucat kekuningan yang khas. Sama dengan brokoli, kembang kol memiliki kandungan vitamin B, K dan omega 3 yang paten untuk memperkuat tulang serta mencegah datangnya penyakit kanker. Selain rasanya yang enak, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan bukan?

6. Lobak

lobak - pixabay
Meski tak seperti jenis sayuran lainnya yang selalu ada dalam bumbu dapur masyarakat Indonesia, lobak memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Lobak dapat mencegah penyakit karena gangguan inflamasi atau peradangan, membuang racun yang ada pada hati dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya kandungan vitamin C yang tinggi, namun setiap 100 gram lobak terkandung 2,6 gram serat, 22,1 mg vitamin c dan 0,78 protein.

7. Kentang

kentang - pixabay
Kentang merupakan jenis sayuran yang disukai oleh berbagai kalangan. Selain bisa dijadikan cemilan ringan, kentang juga sering dikonsumsi sebagai makanan diet. Setiap 100 gram kentang kurang lebih terdapat 15,2 mg vitamin C. Kentang dapat menggantikan peran nasi dengan karbohidrat yang sama besarnya. Ditambah kentang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mencegah kerusakan sel di dalam tubuh. Bagi para pengidap diabetes, ada baiknya anda mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi agar lebih menyehatkan.

8. Terong Ungu

terong ungu - pixabay
Kandungan asam folat yang ada di dalam satu buah terong ungu bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin dalam sayuran ini sangat banyak, diantaranya adalah zat besi, kalori, vitamin B1, vitamin B2. Tak ketinggalan vitamin C yang juga berperan dalam pembentukan antibody.

9. Mentimun

Mentimun yang selama ini dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut hingga bahan kecantikan ini mengandung lemak jenuh, kolestrol, dan sodium. Sumber vitamain A, asam pantotenat, magnesium, fosfor, dan magnesium. juga dimiliki oleh sayuran yang dapat anda temui dimana-mana ini. Hebatnya lagi,  mentimun  juga tinggi kalium, karbohidrat, vitamin C dan K.

mentimun - pixabay
Sebuah penilitian mengungkapkan, jika ada 30 khasiat dari satu biji mentimun bagi kesehatan tubuh. Mulai dari kulit, daging hingga biji memiliki khasiat yang bermanfaat untuk menangkal virus jahat masuk dalam tubuh. Selain itu dapat mencegah gangguan jantung, membantu pencernaan, dan mengatasi batu ginjal.

10. Bawang Merah

Bawang merah tak pernah absen dari daftar bumbu harian di dapur para rumah tangga. Kepopulerannya sejak dahulu kala terus berkembang pesat sampai saat ini. Sayuran ini mengandung hormon auksin dan giberlin sebagai pengatur kekebalan tubuh secara alami. Sayuran ini juga memiliki kandungan gizi berupa vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.

bawang merah - pixabay
Kandungan antiseptik dan senyawa alliin yang diproses oleh enzim allinase menjadi antimikroba yang bersifat bakterisida. Bagaimana dengan khasiatnya? Selain menambah cita rasa makanan, bawang merah dapat mengontrol kadar kolestrol, pencegah pertumbuhan sel kanker, dan mengontrol kader diabetes.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis sayuran yang mengandung vitamin C. semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin tercukupi kebutuhan vitamin C nya dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba.

Penulis : Bunga

Apakah Artikel Ini Bermanfaat ?

Comments

Newer Posts Older Posts